Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Majene menyatakan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memasuki puncak musim kemarau pada bulan Juni dan diperkirakan berakhir pada Juli 2012.

Prakirawan BMKG Kabupaten Majene Mujahidin di Mamuju, Sabtu mengatakan musim kemarau di Sulbar diperkirakan akan berakhir pada Juli tahun 2012 karena setelah Agustus hingga November tahun 2012, Sulbar akan memasuki musim hujan. Menurut dia musim hujan juga sebelumnya terjadi di Sulbar sejak November tahun 2011 dan berakhir pada Maret 2012.”Karena setiap tahun pada November di Sulbar merupakan waktu akan berlangsungnya musim hujan,” kata dia di Mamuju,kemarin.

Setelah itu, kata dia, pada awal April 2012 Sulbar telah memasuki musim pancaroba atau pergantian musim yang tidak menentu. ”Musim pancaroba ini berakhir pada Mei 2012, dan berganti menjadi musim kemarau yang terjadi pada Juni hingga Juli seperti sekarang ini,”katanya. Oleh karena itu,ia mengimbau agar petani dapat tetap menjaga lahan pertaniannya agar terus mendapat pengairan. Karena musim kemarau tahun ini diperkirakan masih akan terjadi sebulan lagi.

”Pengairan lahan pertanian harus diperhatikan agar lahan pertanian padi petani tidak kekeringan. Begitu juga masalah lainnya yang timbul akibat kemarau juga harus diwaspadai masyarakat,”katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel